Download artikel materi-materi Ujian Nasional Bahasa Inggris Tingkat SMP dengan mengklik tombol Download di bawah ini:

ARTIKEL MATERI-MATERI UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS TINGKAT SMP (DOCX)

Download Artikel Materi-Materi Ujian Nasional Bahasa Inggris Tingkat SMP


ARTIKEL MATERI-MATERI UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS TINGKAT SMP (PDF)

Download Artikel Materi-Materi Ujian Nasional Bahasa Inggris Tingkat SMP


Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang harus dikuasai peserta didik dalam menunjang kesiapan mereka memasuki dunia internasional. Pemerintah telah menetapkan bahwa bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran yang di Ujian Nasionalkan. Oleh karena itu, untuk mencapai penguasaannya dengan baik dan meraih nilai sempurna, setiap peserta didik dan guru sudah selayaknya memperhatikan hal-hal berikut:

1. Mampu mengidentifikasi kisi-kisi yang menjadi acuan untuk penulisan soal UN.

2. Memahami materi-materi yang akan diujikan dengan baik.

3. Menguasai strategi untuk menjawab soal-soal UN tersebut.

Pengembangan soal disesuaikan dengan rancangan UN dengan mempertimbangkan tiga komponen penting, yaitu;

1. Fungsi sosial dengan kompetensi yang akan diujikan yaitu mengidentifikasi, membandingkan, mengklasifikasikan, menjelaskan, merinci perbedaan dan persamaan, menyimpulkan, serta menganalisis aspek-aspek fungsi sosial, seperti berikut;

Topik/isu/masalah

Tujuan/fungsi/pesan

Latar belakang/alasan

Akibat/dampak/manfaat

Sikap/nilai yang diusung

Peran dan fungsi pembicara/penulis

Peran dan fungsi pendengar/pembaca

Konteks penggunaan (antara lain tempat, waktu, situasi, dan sebagainya)

2. Struktur teks dengan kompetensi yang diujikan yang mengidentifikasi, membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan, menyimpulkan, merinci perbedaan dan persamaan serta keterkaitan antar bagian-bagian dalam teks, seperti;

Pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama

Rincian argumentasi

Rincian langkah-langkah

Rincian peristiwa

Rincian deskripsi

Rincian unsur-unsur teks

Plot, alur pikiran

Referensi makna

3. Unsur kebahasaan dengan kompetensi yang mengarah dalam penguasaan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks seperti mengidentifikasi, membandingkan, menjelaskan:

Persamaan kata (synonym)

Word order

Artikel

Demonstrative pronoun

Possessive pronoun

Agreement dan number

Tense

Passive voice

Referensi gramatika

Kata sambung

Preposisi

Modal

Kalimat conditional

Konstruksi derivative

Kalimat, frasa, ungkapan simpulan

Baca juga | 5 Tips Mengerjakan Soal Recount Text Dengan Contoh dan Pembahasan | How To Answer Question in Recount Text Multiple Choice

Selain ketiga komponen di atas dipertimbangkan dalam pembuatan soal, yang perlu dikembangkan adalah level berfikir bagi peserta didik SMP. Level berpikir yang dapat dikembangkan meliputi:

a. Pengetahuan/pemahaman

b. Penerapan

c. Penalaran

Baca juga | Tips Mengerjakan Soal Functional Text: Short Messages

Jenis teks yang akan disajikan dalam Ujian Nasional:

Ada 3 jenis teks yang akan diujikan dalam Ujian Nasional Bahasa Inggris, yaitu teks berbentuk percakapan transaksional dan interpersonal, teks fungsional pendek, dan teks fungsional (essai).

1. Teks Interaksi Transaksional dan Interpersonal

Jenis teks ini berupa percakapan pendek yang memiliki tujuan dan maksud tertentu. Berikut adalah percakapan yang sering digunakan dalam konteks kehidupan sehari-hari:

a. Expressing forgiveness/apologizing (meminta dan memberi maaf)

b. Expressing obligation (mengungkapkan keharusan)

c. Asking for permission (meminta ijin)

d. Expressing agreement/disagreement (meminta dan memberi persetujuan atau ketidak setujuan)

e. Expressing habits (mengungkapkan kegiatan yang biasa dilakukan)

f. Showing admiration (mengungkapkan kekaguman)

2. Teks Fungsional Pendek (Short Functional Text)

a. Greeting card (kartu ucapan)

b. Announcement (pengumuman)

c. Short message (pesan singkat)

d. Label (label obat, makanan)

e. Advertisement (iklan produk/jasa)

3. Teks Fungsional (Essai)

a. Descriptive text

b. Procedure text

c. Narrative text

d. Recount text

e. Report text


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama