Memasuki tahap selanjutnya dari Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum SMP yaitu Tahap Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum Tingkat SMP.

Tahap Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum Tingkat SMP ini merupakan tahap ke 7 (tujuh) dari Rincian Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SMP.

Soal dan Referensi Jawaban Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Nasional

Soal dan Jawaban Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Nasional dengan Jawabannya.

  • Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi pada satuan pendidikan.
Benar
Salah

  • Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat kompetensi siswa akan memudahkan siswa menguasai konsep, keterampilan dan konten yang diharapkan pada suatu mata pelajaran.
Benar
Salah

  • Pada pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan mampu mendemonstrasikan penguasaan konsep, keterampilan dan pengetahuan sebagai proses pembelajaran.
Benar
Salah

  • Karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi adalah fokusnya pada capaian hasil akhir berupa nilai.
Benar
Salah

  • Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru semua mata pelajaran antara lain adalah, kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswanya termasuk literasi dan numerasi.
Benar
Salah

  • Pembelajaran berbasis konten belajar untuk cakupan materi. Pembelajaran berbasis kompetensi belajar untuk pemahaman konsep dan menerapkan keterampilan.
Benar
Salah

  • Laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dapat menjadi rekomendasi bagi guru-guru dari setiap mata pelajaran untuk memperbaiki atau menyesuaikan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan tingkat kompetensi yang aktual.
Benar
Salah

  • Kompetensi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan suatu kinerja dengan baik, misalnya mampu melakukan tugas atau pekerjaan secara efektif.
Benar
Salah

  • Kekuatan pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada materi yang telah disediakan.
Benar
Salah

  • Sebaiknya semua siswa mencapai level mahir dalam waktu yang bersamaan.
Benar
Salah

Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 5: Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Pada tahap ini peserta diwajibkan menjawab kuis Refleksi Topik 5: Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Soal dan Referensi Jawaban Kuis Refleksi Topik 5: Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Pertanyaan
Setelah mempelajari laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum, Anda kemudian akan membuat rencana tindak lanjut pada strategi pembelajaran di kelas Anda. Perubahan apa yang akan Anda lakukan di kelas terkait pembelajaran yang berbasis kompetensi?

Referensi Jawaban Pertanyaan
Perubahan yang akan saya lakukan yaitu dengan menganalisis kemampuan setiap kompetensi peserta didik kemudian mengelompokkannya berdasarkan 4 kategori, antara lain: Perlu Intervensi Khusus, Dasar, Cakap, dan Mahir. Sehingga guru dapat memberikan pembelajaran dengan pendekatan tersendiri sesuai dengan tingkat kemampuan penguasaan kompetensi yang dimiliki peserta didik.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama