Berikut Jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMP yang terdiri dari 30 pertanyaan.

Simak pertanyaan dan jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMP

Jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMP


1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….
Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu
Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa
Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah

2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….
Survei karakter
Survei lingkungan belajar
Asesmen Kompetensi Minimum
Survei kualitas sekolah

3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….
Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah

4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….
Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir
Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari
Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring

5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….
Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama
Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian
Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya

6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….
Teks informasi dan teks fiksi
Teks prosedur dan teks prosedur kompleks
Teks observasi dan teks deskripsi
Teks wacana dan teks argumentasi

7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….
Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah
Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa
Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa

8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?
Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana
Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari
Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam

9. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?
Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu
Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan

10. Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….
Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)
Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten

11. Guru Rani memberikan pembelajaran mengenai pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek hal ini merupakan konten pembelajaran….
Bilangan
Pengukuran dan geometri
Aljabar
Data dan ketidakpastian

12. Asesmen numerasi untuk jenjang SMP/MTS, terdapat berapa level pembelajaran….
1 level pembelajaran
2 level pembelajaran
3 level pembelajaran
4 level pembelajaran

13. Guru Sandi memberikan sebuah bacaan sastra, kemudian Guru Sandi meminta siswanya untuk menganalisis perubahan pada kejadian, karakter, setting, alur cerita serta konflik yang terjadi. Hal yang dilakukan oleh Guru Sandi merupakan bagian dari tingkat kognitif dalam asesmen literasi yaitu….
Menemukan informasi
Memahami informasi
Mengevaluasi dan merefleksi
Menyusun inferensi

14. Guru Ratna memberikan sebuah teks informasi kepada siswanya kemudian Guru Sandi meminta siswanya menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi, hal yang dilakukan Guru Ratna termasuk dalam kegiatan kognitif literasi yaitu….
Menemukan informasi
Memahami informasi
Mengevaluasi dan merefleksi
Menilai kualitas dan kredibilitas informasi

15. Guru Reza meminta siswanya untuk menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual yang digunakan oleh penulis dalam menyampaikan pesan. Dalam asesmen literasi hal yang dilakukan oleh guru Reza merupakan tingkat kognitif literasi yaitu….
Menemukan informasi
Memahami informasi
Menyusun inferensi
Mengevaluasi dan merefleksi

16. Asesmen literasi untuk jenjang SMP/MTS, akan diujikan…. 
1 level pembelajaran
2 level pembelajaran
3 level pembelajaran
4 level pembelajaran

17. Manakah diantara kegiatan numerasi berikut yang termasuk dalam konten aljabar?
Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek
Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan
Memahami bilangan cacah maksimal 6 angka
Menentukan dan menggunakan mean, median, modus

18. Manakah di antara materi berikut ini yang menunjukkan hubungan antara numerasi dengan mata pelajaran IPA SMP/MTS?
Menghitung persentase pajak
Menghitung luas segitiga dan lingkaran
Mengurutkan bilangan cacah
Membandingkan berat berbagai benda

19. Perbedaan asesmen literasi SMP/MTS  antara level 1 dan 2 yaitu….
Memiliki proses kognitif yang sama namun tingkat kesulitan berbeda sesuai dengan jenjangnya
Memiliki konten yang sama namun proses kognitif yang berbeda sesuai dengan jenjangnya
Memiliki konten dan proses kognitif yang sama, hanya konteks yang berbeda
Memiliki proses kognitif, konten literasi, dengan kesulitan yang sama untuk setiap jenjangnya

20. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa pada jenjang SMP/MTS?
Mengharuskan siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang pembelajaran
Mendorong siswa berpikir kritis untuk penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari
Mendorong siswa untuk memperoleh prestasi yang baik untuk melanjutkan pada jenjang berikutnya
Memastikan semua siswa memiliki pengetahuan sesuai standar yang harus dimiliki oleh siswa SMP/MTS

21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….
Berpusat pada materi pembelajaran
Belajar untuk cakupan materi
Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan
Berorientasi pada nilai akhir

22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:

  1. Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep
  2. Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa
  3. Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai
  4. Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi 
  5. Berorientasi pada nilai akhir
  6. Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks
 
Manakah pernyataan yang menunjukkan pembelajaran berbasis konten?
1), 3), 5)
2), 4), 5)
3), 5), 6)
1), 4), 6)

23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
Perlu intervensi khusus
Dasar
Cakap
Mahir

24. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
Perlu intervensi khusus
Dasar
Cakap
Mahir

25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?
Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum
Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan
Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah

26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu….
Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan
Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya

27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?
Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa

28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong  siswa untuk….
Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika
Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik
Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika

29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?
Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi
Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi
Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM
Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa

30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM  dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai
Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama